Sabtu, 27 Juli 2013

"Back to Nature" (Arjuno)


Puncak Arjuno-3339 mdpl

          Edisi jalan-jalan kali ini kayaknya mendaki gunung lagi nih, wah gak bosan-bosannya mendaki nih gunung, padahal capek sangat, butuh perjuangan ekstra dan kaki yang kuat. Tapi pemandangannya itu lho yang wow,,, selalu buat kangen kapanpun dan dimanapun, terekam dalam memori abadi dan tak akan pernah terlupakan. Judul perjalanan ane kali ini "Back to nature", Why?? Yah pokoknya gitu deh ato bilang aja kangen gitu,, cie cie.. hehehe. Mungkin sudah bosen ane bercerita karena sama aja dari cerita pertama hingga keempat tapi gak apa-apa deh cerita dikit aja. Dimulai dari pertama kami sudah janjian untuk nostalgia terakhir gitu untuk naik gunung ini sebelum nanti kami sudah lulus kuliah dan mungkin juga sudah jarang bisa ketemu akrab kayak gini lagi. Akhirnya tersusunlah schedule dan planning kesana dengan enjoy tanpa terburu-buru aau bisa dibilang kami tak ingin dikejar waktu kayak biasanya dan ingin menikmati perjalanan ini.

           Dalam rombongan kali ini kami kedatangan anggota baru yaitu teman yang paling konyol sendiri di kampusku si "Amien" dan temen baru yg mungkin sudah agak akrab gabung sama geng kami dari anak mesin si "Gito". Tiba hari-H, Jumat malam itu setelah pembagian tugas sudah selesai, sayapun pulang kerumah untuk packing barang2 saya sendiri dan sedangkan temen2 sudah packing sendiri dikampus dan rencananya langsung berangkat kalo sudah selesai. kami akan ketemuan dulu di tanggul lapindo porong, Tapi temen2 mungkin lupa, mereka langsung go ke tretes dan menunggu saya disana sambil ngopi dulu. Saya pun berangkat sendiri akhirnya ke tretes dari rumah pukul 23.30 WIB. Sampai disana sejam sekitar pukul 00.30 WIB, sayapun gabung dulu sama temen2 sambil memesan wedang jahe untuk menghangatkan tubuh yang memang saat itu disana hawanya dingin sekali. Mata sudah mulai mengantuk, akhirnya kami beres2 begegas untuk menuju pos pendakian di belakang hotel surya. Stelah memarkir kendaraan kami, saya mengajak temen2 langsung ke pos untuk melakukan pendaftaran. Rencananya setelah mendaftar kami langsung berangkat ke pet bocor untuk mendirikan tenda dan beristirahat. Tapi mata kami kayaknya udah tak bisa diajak kompromi alias ngantuk pake bingits. Plan berubah jadi berangkat subuh dan base camp lah yg menjadi kamar tidur sementara kami saat itu. Terdengar azan subuh sudah berkumandang, aku membangunkan teman-teman untuk berkemas biar kami tidak kesiangan dan kepanasan nanti berangkatnya. Pukul 05.00 pagi kami sudah siap berangkat, ritual seperti biasanya kami lakukan yaitu berdoa sebelum berangkat agar diberikan keselamatan yg kali ini dipimpin oleh koor kami abang 'oza'. Setelah selesai berangkatlah kami menuju tujuan pertama yaitu pos 1 'kokopan' yang kira memakan waktu 4 jam perjalanan. Yah mungkin kayak biasanya mesti saya yg diplot didepan tuk mimpin rombongan, dinikmati sajoo perjalanan ini. Cuaca saat itu lumayan terik, yah meskipun badan kami kurang fit sih karena masih ngantuk. Tapi semangat tak boleh padam donk, karena tujuan pertama harus tercapai yaitu melihat sumber air dan langsung mandi,, hahaha.
          Selepas 4 jam kami sudah berjalan, apalagi amin dan gito dari tadi tanya melulu kapan nih nyampenya. Akhirnya dari kejauhan terdengar suara air yang mengalir, pertanda kami sudah dekat dengan tujuan pertama. Seketika amin langkahnya langsung kayak kilat, kayaknya udah ngilang anak itu, hahaha. Kalo aq sih slow ajaa, kan aq udah pernah liat. hehe. Sesampainya di pos 1 kokopan, meyandarkan badan dulu tuk melepas lelah. Kami pun tk beritirahat lama-lama karena kami harus sudah menyiapkan makanan untuk makan siang kami dan gantian juga saat itu untuk giliran mandi dengans sensasi sejuknya air sumber dari pegunungan asli. Satu pemandangan yg unik saat itu di kokopan yaitu kalo qt biasanya melihat mobil jeep ngeban di bengkel atau pinggir jalan, tapi ini beda bung, ini ngeban di atas gunung, wawww
ohh ya itu jeep pengakut belerang broo,




        Selepas makan siang, kami berkemas kembali dan melanjutkan perjalanan lagi menuju pos 2 'pondokan' yang kira-kira memakan waktu 4 jam lagi. Tentu jalan kali ini lebih kejam dari yang pertama, belokannya dan tanjakannya minta ampun deh, tapi bagi kami itu semua have fun aja.

          Akhirnya setelah berjalan lebih dari 4 jam dengan bersusah payah dan sangat menguras energi, kami sampai di pos 2 "pondokan" yang merupakan pondokan/rumah para penambang belerang di gunung welirang. Tenda kami dirikan di pos ini untuk beristirahat dimalam itu.

          Pagi sekali pukul 02.00 kami harus bangun untuk melanjutkan perjalanan kami kembali untuk summit ke puncak arjuno. Kenapa kok pagi sekali? karena tujuan pertama kami ingin mengejar sunrise dan tujuan kedua agar bisa ketemu cewek cantik,, lhoo?? mana ada kakak, hehehe,, yg kedua tentu biar gk kepanasan alias takut item. Terliat jelas bekas kebakaran yang meland hutan di gunung ini, yahh sayng jadi agak gesang nih saat itu, meskipun saat itu sudah memasuki musim penghujan. Melewati padang savana yg luas "lembah kidang", kemudian bebatuan besar khas gunung ini dan akhirnya jalan setapak tanah yg menggiring kami menuju puncak, tapi alamakk maknyoss nanjak terus.






             Setelah 5 Jam berjalan akhirnya kami sampai di Puncak ogal-agil G. Arjuno dengan ketinggian 3339 mdpl, tapi kondisi saat itu berkabut parah sih. Yepp msih ada yg paling penting, yaitu 'puncak', yah kami berhasil mengalahkan keegoisan diri pribaadi kami masing-masing, kami berhasil mencapai tujuan kami dan sekali lagi kami berhasil itu yang terpenting.


















           Sekali lagi Mission is complete, misi back to nature saat itu akhirnya tercapai juga. Saatnya kembali ke 0 mdpl deh, bakal kangen lagi deh nanti, huhuhu. Arjuno is the best deh pokoknya slalu ada di hati deh. gk terasa udah kelima kalinya ane udah menginjakkan kaki dipuncaknya sana. Untuk teman-teman jangan kapok naik gunung yaa, kalo kapok naik pohon aja,, hehehe
Slamat bertualang broohhh,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar