Selasa, 17 Desember 2013

Indahnya Negriku (Penanggungan)

View Arjuno-Welirang Terlihat dari puncak Penanggungan
        Sudah lama tak update berita terbaru tentang program jalan-jalan saya rek, maklum sudah kerja.. hehehe. Langsung saja pendakian trakhir saya di tahun 2013 ini adalah pas peringatan 17 agustus atau lebih terkenalnya hari kemerdekaan indonesia yang saya rayakan bersama teman-teman saya seperti biasanya cuma saya ada tambahan satu personil baru yang bernama karso alias suyuti,, kami berangkat malam sekitar jam 9 malam dari base camp rumah kami di tulangan sidoarjo dan langsung cap-cus menuju pos pendakian trawas yang cuma ditempuh dalam waktu 45 menit. pos pendakian trawas adalah pos pendakian yang sangat umum digunakan untuk para pendaki luar kota yang akan naik ke punck g. penanggungan. Letaknya masuk di jalan kampus ubaya 3 dan kendaraan bisa dititipkan di warung emak atau sekarang juga sudah ada penjaga pos pendakiannya juga. biaya parkir sekitar 3000 rupiah perhari dan biaya perizinan perorang 5000 rupiah. Start dimulai dengan trek yang landai sangat cocok untuk pendaki pemula sebelum memulai adrenalin dengan trek yang langsung naik terus-menerus. Melewati medan berbatu dan jalanan tanah yang agak sempit juga terkadang dengan berpapasan dengan rombongan pendaki lain yang kebetulan berjubelan ingin ramai-ramai menikmati pemandangan puncak di malam 17 agustus saat itu membuat perjalanan kami tidak terasa lelahnya.
          Pos pasar dieng yang berup lapangan agak lebar dipertengahan perjalanan setelah berjalan kuran lebih 2 jam perjalanan menandakan kami sudah dekat dengan puncak. Bahkan malam itu sangatlah indah cahaya sorotan lampu senter para pendaki yang rela antri berjalan ke puncak demi mengejar sensasi menikmati sunrise. Pos ini sangatlah ramai dengan tenda para pendaki yang sengaja cukup bercamping ria sambil bermain gitar, menyanyi ria dan menyalakan api unggun. Keliatannya puncak untuk besok pagi juga bakalan penuh dengan lautan manusia yang pecandu ketinggian, karena tgl 17 agustus adalah hari istimewa bagi bangsa indonesia. pukul 02.15 kami sampai dipuncak dan bersyukur masih kebagian tempat untk beristirahat, meskipun cuma beralaskan matras dan sleeping bag tetap tak bisa mengusir hawa dingin dari udara puncak malam itu ditambah ramainya kondisi sekitar kami saat itu semakin tak bisa membut kami beristirahat pagi itu. Akhirnya pukul 04.00 Fajar mulai menyingsing, abut mulai memudar sedikit demi sedikit dan pemandangan disekitar gunung yang berketinggian 1600-an mdpl ini sangatlah istimewa dan tak akan terlupakan bahwa semua ini adalah ciptaan sang pencipta yang wajib dijaga dan dirawat.Udah gk lama2 deh ceritanya, langsung aja q kasih gambarnya, Check it dot....

Meskipun tergolong bukan gunung yag tinggi, tapi adrenalin dan pemadangan yang disuguhkan oleh puncak gunung penanggungan tak kalah sama gunung terkenal lain di jatim. Bagi pecinta fotografi tapi masih takut ketinggian, coba dulu deh kesini pasti ane jamin gk nyesel. See u later bro to next my story!!!